New User? Register   |   Sign In   |   Help
FAQ   |   Sitemap   |   Contact Us
Home Torto/Turtle Accessories Food Medicine Collection Articles Story Contact Us
Story
RASA TERIMA KASIH SEEKOR KURA-KURA


Pada masa Dinasti Chin, abad ke4, hiduplah seeorang pria setengah baya bernama K´ung Yu di Shanyin. Dia adalah seeorang pejabat pemerintahan, tetapi jabatannya adalah yg terendah di seluruh kerajaan. Jabatannya rendah, demikian pula gajinya. Hidupnya sulit.
Suatu kali, dia melihat seeekor kura-kura yang akan di masak. Dia merasa kasihan sehingga membeli kura-kura itu dan membawanya ke sungai. Di sana, dia melepaskan kura-kura tersebut.

Kura-kura itu tampaknya mengerti Yu telah menyelamatkannya dari kemungkinan di masak menjadi sop. Sambil berenang menjauh, dia terus menengok ke belakang melihat Yu. Yu melihat kura-kura itu sampai tak terlihat lagi.
Bertahun-tahun kemudian, jabatan Yu membaik. Dengan memimpin tentara, dia mengatasi pemberontakan. Atas jasanya, Kaisar memberi gelar bangsawan, posisi tinggi dengan kekuasaan besar.
Tanda resmi bangsawan adalah segel logam atau cap. Ketika K´ung Yu naik pangkat, pengrajin istana membuat sebuah segel untuknya, tetapi entah mengapa bagian atas segel tersebut berbentuk kura-kura, dan kura-kura itu dlm posisi menengok ke belakang. Para pengrajin merasa aneh, sehingga mereka melebur segel tersebut, membuat cetakan baru, dan membuat segel baru, tetapi bagian atasnya juga berbentuk kura-kura yg sedang menengok ke belakang. Mereka membuat berulang kali. Setiap kali mereka membuat cetakan dengan sangat berhati-hati, dan semuanya telah memeriksa cetakan itu. Setiap kali, cetakannya benar, tetapi setiap kali pula ketika mereka membuat segelnya, bagian atasnya selalu berbentuk kura-kura, dan kura-kura tsb selalu sedang menengok ke belakang !

Para pengrajin merasa kejadian ini luar biasa. Mereka memutuskan untuk menghadap bangsawan baru tsb dan menanyakan pendapatnya mengenai masalah ini. Mereka berlutut di depannya dan berkata, " Tuanku, seperti yg di perintahkan Kaisar yang hidup seribu tahun lagi, kami telah berusaha membuat segel tanda jabatan baru anda, tetapi setiap kali kami meleburnya, bagian atas segel berbentuk kura-kura, dan kura-kura tsb sedang menengok ke belakang."
"Lanjutkan," perintah K´ung Yu, " Buatlah sekali lagi." Para pengrajin mengikuti perintahnya, tapi sekali lagi, bagian atas segelnya selalu berbentuk kura-kura yg menengok ke belakang. K´ung Yu menjadi bingung. Berita mengenai kejadian aneh ini menyebar, dan akhirnya sampai ke telinga Kaisar.
Kaisar memanggil K’ung Yu untuk minta penjelasan mengapa di segelnya selalu terdapat seekor kura-kura, tetapi K’ung Yu tak dapat menjelaskan.

Dalam perjalanan pulang, K’ung Yu tiba-tiba teringat sesuatu. Keesokan harinya dia melapor kepada kaisar di istana, “Menteri yang setia telah memikirkan tentang segel dan kura-kura yang tak dapat dijelaskan tersebut, dan tampaknya telah mengetahui sebabnya.”
“ Bertahun-tahun lalu, menteri ini secara kebetulan melihat seorang nelayan yang bersiap-siap memasak dan memakan seekor kura-kura yang telah ditangkapnya. Menteri ini merasa kasihan melihat kura-kura itu, sehingga membelinya dan melepasnya di sungai. Kura-kura tersebut tampaknya mengerti, karena dia berenang di permukaan air sambil menengok kebelakang seperti berterima kasih.”
“Yang Mulia baru-baru ini memberi hamba gelar bangsawan; di atas segelnya ada seekor kura-kura; ini pasti tanda saya bisa mendapat kemurahan hati dari Yang Mulia berkat rasa terima kasih kura-kura tersebut, yang telah mengguncang surga atas nama saya.
Kaisar bersabda di istana, “Mereka yang melakukan kebaikan akan mendapat hasil yang baik. Bangsawan K’ung adalah contohnya.”
 
Sumber : http://kisahkisahbuddhist.blogspot.com/
 

Story
Kisah Resep Tulang Naga, Aksara Kuno Misterius, dan Sejarah Cina
Bagaimana Sang Kura-Kura Mendapatkan Banyak Bekas Luka
RASA TERIMA KASIH SEEKOR KURA-KURA
Perlombaan Antara Kelinci Dan Kura-kura
Kura Kura dan Burung Merak
Kura-Kura
Kenapa Kura-kura Hidup di Air?
Membangun Industri Dalam Negeri
Memilih Pengganti Raja Hutan
Suni Si Kura-Kura
Filosofi Kura-Kura
Balas Budi sang Kura-Kura
Kisah Kura-kura dаn Monyet Licik
Kura-kura dan Sepasang Itik
Kisah 3 Persahabatan Antara Kura-kura, Siput, Dan Katak
MELIHAT dan MELIHAT
Hidup Sehat Gaya Kura-kura
Yertle, The Turtle King
Kura-kura Belajar Berlari
Kura-kura dan Burung Elang
Kura-kura yang Tangguh
Telur Kura-Kura
Kisah Urashima Taro
Kelinci Sombong dan Kura-kura
Dongeng dari Negeri Kura-kura
Products
Torto/Turtle Accessories
Food Medicine
Collection
Site Information
Home
About Us
Articles
Story
Video
News
Guest Book
Help
Contact Us
FAQ
Sitemap
My Account
Newsletter
Enter your email address to subscribe our mailing list:
We take your privacy very seriously
© 2011-2017 Kurakuraku. All rights reserved.   Terms and Conditions   •   Privacy Policy