New User? Register   |   Sign In   |   Help
FAQ   |   Sitemap   |   Contact Us
Home Torto/Turtle Accessories Food Medicine Collection Articles Story Contact Us
Articles
11 Jenis Kura-kura Darat Yang Bisa Dijadikan Peliharaan



Kura-kura (tortoise) Suka kali yang dengannya keliru disamakan yang dengannya penyu (turtle) oleh kebanykan orang awam. Meskipun kedua hewan ini terlihat serupa serta malah berada dalam Ordo yng percis – yakni Ordo Testudinata – akan tetapi keduanya percis sekali berbeda.

Kura-kura merupakan hewan yng salah satunya dalam Family Testudinidae. Hewan ini adalah hewan Vertebrata berkaki empat yng bersisik. Cangkangnya – yng terdiri atas dua bagian yaitu carapace serta plastron – menjadi pelindung baginya era diserang oleh pemangsa. Kura-kura sendiri terbagi atas dua, yaitu kura-kura darat (land tortoise) serta kura-kura air tawar (freshwater tortoise / terrapins).

Kura-kura darat sendiri mempunyai beberapa jenis. Ukurannya pun bervariasi, ada yng Amat kecil serta malah Amat besar corak warnanya pun beragam.


Jenis Kura - kura Darat Hias

Aldabra (Aldabrachelys gigantea)

Kura-kura Aldabra berasal dari Pulau Aldabra. Kura-kura ini adalah satu dari sekian banyaknya kura-kura terbesar di dunia. Kura-kura jenis ini pun salah satunya hewan yng mempunyai umur terpanjang dibandingkan hewan-hewan lain-lainnya. Seekor kura-kura Aldabra mampu mencapai umur 255 tahun.



Bentuk tubuhnya maupun perilakunya Amat mirip yang dengannya kura-kura raksasa dari Pulau Seychelles. Beberapa orang malah menganggap kedua jenis kura-kura yang telah di sebutkan adalah spesies yng percis.

Hewan yang telah di sebutkan mempunyai cangkang yng berbentuk semisal kubah besar, bermanfaat bagaikan baju zirah yng menjaga tubuhnya dari bagian atas sampai-sampai ke bawah. Kura-kura ini pun mempunyai leher yng luar biasa panjang, menjadikan cukup baginya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai maupun meraih dedaunan yng berada di dahan pohon yng lebih tinggi. Rata-rata panjang tubuh kura-kura jantan Aldabra mampu mencapai 1,1 meter, sedangkan panjang tubuh betina mampu mencapai sekitar 0,9 meter. Tubuh para jantan mempunyai bobot yng mencapai hampir 100kg lebih berat dibandingkan yang dengannya tubuh betina.

Galapagos (Chelonoidis nigra)

Pertama kali ter-expose oleh Charles Darwin disaat ia melakukan perjalanan ke Kepulauan Galapagos. Adalah spesies terbesar kura-kura di dunia ini. Panjang tubuhnya mampu mencapai 6,1ft (1,87 meter), yang dengannya berat yng berkisar antara 272 sampai-sampai 317kg (tercatat yng terbesar mempunyai berat mencapai 400kg). Spesies ini pun mempunyai leher yng cukup panjang semisal kura-kura raksasa Aldabra. Spesies ini adalah hewan herbivora, makanannya merupakan rumput serta pohon-pohon berdahan rendah.



Spesies ini kini terdaftar di Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora menjdai spesies yng dilindungi, yng mengharuskan perdagangan hewan serta produknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk tunduk pada aturan yng ketat yng sudah disahkan oleh negara, serta pelarangan atas perdagangan internasional hewan yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan komersial.

African Spurred Tortoise (Centrochelys sulcata)

Suka disebut pun menjdai kura-kura Sulcata. Spesies ini berhabitat di ujung sebelah selatan dari Gurun Sahara, di bagian utara Afrika. Adalah spesies kura-kura terbesar yng ketiga di dunia serta adalah spesies yng salah satunya dalam Genus Centrochelys.



Sebutan ‘Sulcata’ yng tersemat dalam nama spesies ini berasal dari bahasa Latin ‘Succus’ yng berguna “kerutan”, yng menunjuk pada kerutan-kerutan di sisiknya.

Berat tubuh spesies ini mencapai 105kg sedangkan panjang tubuhnya mampu mencapai 83cm. Panjang usia dari spesies ini mampu berkisar 50 sampai-sampai 150 tahun. Spesies yng satu ini cukup menyenangkan serta menarik minat orang-orang, menjadikan tidak jarang yng menjadikannya menjdai peliharaan.

Red-footed Tortoise (Chelonoidis carbonaria)

Adalah spesies kura-kura yng berasal dari sebelah utara Amerika Selatan. Spesies ini mempunyai ukuran sedang, yang dengannya panjang berkisar 30cm, akan tetapi bisa mencapai 40cm.

Warna tubuhnya didominasi warna gelap, yang dengannya carapace yng berbentuk semisal tangkupan roti serta tidak banyak corak warna cerah. Tungkainya pun adalah paduan warna gelap serta warna cerah. Hal ini membuat spesies ini diduga mempunyai keterkaitan yang dengannya Yellow-footed Tortoise.



Spesies ini pun salah satunya dalam daftar Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora, yng berguna perdagangan spesies ini keluar dari negara asalnya Perlu melewati izin pemerintah, menjdai pencegahan kepunahan spesies ini. Hal ini di lakukan mengingat tidak sedikit yng berminat menjadikan spesies ini menjdai peliharaan.

Desert Tortoise (Gopherus agassizii)

Spesies ini berasal dari Gurun Mojave serta Gurun Sonoran, yng terdapat atau terletak di barat daya Amerika Serikat, barat laut Meksiko. Spesies ini kini tersebar di sebelah barat Arizona, tenggara California, selatan Nevada, serta sebelah barat daya Utah.



Panjang usianya berkisar antara 50 sampai-sampai 80 tahun. Pertumbuhan spesies ini lambat serta tingkat reproduktifitasnya rendah. Ukuran dari spesies ini berkisar antara 25-36cm serta mencapai berat sekitar 0,2-5kg. Spesies ini pun salah satunya dalam daftar yng dilindungi serta tak boleh dibawa melintasi batas Negara (kecuali mendapatkan izin).

Leopard Tortoise (Stigmochelys pardalis)

Spesies ini salah satunya dalam spesies kura-kura berukuran besar yng ada di savanna Afrika. Spesies ini adalah yng spesies keempat kura-kura yng terbesar di dunia. Spesies ini pun salah satunya spesies kura-kura yng penyebarannya terluas di Afrika Selatan.



Spesies ini bisa bertumbuh mencapai 70cm panjangnya serta beratnya setara yang dengannya berat seorang anak kecil. Sedang panjang usianya mampu mencapai 100 tahun ataupun lebih.

Gopher Tortoise (Gopherus polyphemus)

Berasal dari tenggara Amerika Serikat. Spesies ini mempunyai carapace yng panjangnya berkisar antara 20-30cm, yang dengannya tinggi mencapai 15-37cm. Berat tubuhnya berkisar antara 2-6kg. Spesies ini adalah satu dari tiga spesies kura-kura darat yng adalah penggali liang. Liang yng digali spesies ini bisa mencapai lebih dari 50ft dalamnya, namun umumnya cuma berkisar antara 15-18ft.



Gopher bertelur cuma sekali dalam setahun. Umumnya sang betina cuma menghasilkan 5-8 butir telur di sarangnya. Spesies ini mengerami telurnya sekitar 60-90 hari yang dengannya suhu 88°F.

Di Negara bagian Florida, Gopher terdaftar menjdai spesies yng terancam punah. Kepemilikan Gopher di Negara bagian yang telah di sebutkan Perlu mempunyai izin resmi. Sedangkan di Alabama, Mississippi, serta Lousiana, spesies ini telah tercatat dalam daftar terancam punah.

Radiated Tortoise (Astrochelys radiata)


Adalah spesies kura-kura darat yng relative besar di Pulau Madagaskar. Spesies ini dikenal yang dengannya nama Sokake di Madagaskar. Spesies ini dianggap kebanykan orang menjdai satu-satunya spesies yng terindah di antara spesies-spesies kura-kura darat lain-lainnya. Spesies ini adalah jenis pet yng terkenal eksotik.

Panjang carapace dari spesies ini bisa mencapai 41cm yang dengannya berat 16kg. Sang jantan bisa dikenali yang dengannya ekornya yng lebih panjang dari pada betina.



Lantaran keindahannya, populasi spesies ini makin menipis. Diduga, 45000 spesies ini dibunuh per tahunnya menjdai makanan. Selain itu, keindahan spesies ini membuatnya Suka diperdagangkan secara illegal. Lantaran itu spesies ini kini menjadi spesies yng dilindungi di dunia.

Elongated Tortoise (Indotestudo elongata)

Adalah spesies kura-kura darat yng didapati di Asia Tenggara. Spesies ini dulu umumnya diimpor besar-besaran. Saat ini pun spesies ini masih diimpor, akan tetapi tak dalam jumlah besar. Hal ini mungkin lantaran spesies yng diimpor ini datang dari hutan yng habitatnya terinfeksi parasit maupun sulit bagi spesies ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyesuaikan diri yang dengannya kondisi baru. Lantaran itu, hewan-hewan yang diimpor ini tidak lebih mendapatkan tidak sedikit peminat meskipun diimpor secara besar-besaran.



Panjang hewan ini mampu mencapai 30cm yang dengannya berat 3,5kg. Betina umumnya lebih besar dari jantan serta mempunyai carapace yng lebih bulat disbanding jantan. Jantan mempunyai lekukan/cekungan pada plastron, sedangkan betina cuma mempunyai plastron datar. Cakar milik betina umumnya lebih panjang serta lebih melengkung dibandingkan jantan, mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah betina membuat sarang.

Spesies ini bisa didapati di Nepal, Bangladest, India, Burma (Myanmar), Laos, Thailand (Phuket), Kamboja, Vietnam, Malaysia Barat, serta Cina Selatan. Spesies ini adalah spesies tropis, serta tidak mampu bertahan hidup di iklim yng dingin. Hewan-hewan yng diekspor ke Eropa ataupun Amerika Utara umumnya akan menderita serta mati.

Pancake Tortoise (Malacochersus tornieri)

Jenis kura-kura darat ini mempunyai cangkang datar. Spesies ini berasal dari Tanzania serta Kenya. Nama ‘Pancake’ diambil dari bentuk cangkangnya yng datar bagaikan pancake.

Ukurannya cangkangnya pipih serta datar, panjangnya sekitar 17,8cm. Carapace milikinya umumnya berwarna cokelat, diselingi yang dengannya aneka macam pola garis. Cangkangnya ini Amat fleksibel, mampu menjadi pipih agar dia mampu melewati celah-celah bebatuan. Jenis ini cuma bertelur sekali dalam setahun serta umumnya cuma menelurkan sebutir telur.



Hewan ini salah satunya dalam daftar Apendix II di Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora, yng melarangkan perdagangan impor spesies ini. Kenya memberlakukan larangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan ekspor terhadap spesies ini, kecuali sudah mendapatkan izin tertulis dari Kementrian Lingkungan Hidup serta Sumber Daya Alam. Tanzania pun menjaga spesies ini di bawah perintah Wildlife Conservation (National Permainan). CITES pun memberlakukan pembatasan jumlah spesies ini yng bisa diekspor, sementara Uni Eropa memberlakukan larangan ekspor atas spesies ini. Akan tetapi tetap saja perdagangan atas spesies ini tetap di lakukan para anggota Uni Eropa.

Brazil ( Red Ear Slider )



Jenis ini pertama di temukan di amerika serikat lalu di bawa ke brazil bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara, lantaran bosan beberapa kura-kura brazil di lepaskan ke alam bebas, namun hal ini menghasilkan kura-kura jenis ini berkembang yang dengannya pesat serta mengurangi populasi kura-kura asli amerika selatan menurun. Bentuknya yng unik membuat tidak sedikit orang di indonesia terpincut oleh kecantikan kura-kura ini, terhitung kura-kura brazil menjadi kura-kura peliharaan terbanyak yng di punyai orang-orang di indonesia.


Sumber: https://ternakmudahuntung.blogspot.com/2017/02/11-jenis-kura-kura-darat-yang-bisa.html

 

Articles
11 Filosofi Kehidupan Dari Kura-Kura Untuk Bekal Manusia Hidup Di Dunia
Pelihara Kura-kura di Rumah, Waspada Diincar Penyakit Ini
Makanan Kura Kura Yang Baik Untuk Pertumbuhan
Begini Cara Membedakan Jenis Kelamin Kura-kura, Jangan Sampai Salah!
Hati-hati Jika Mau Pelihara Kura-kura, Bahaya Kesehatan Ini Siap Mengintai Anak-anak
Penyu dan Kura-kura Ternyata Berbeda, Ini Penjelasannya
Kumbang Kura-kura yang Cantik
Penelitian: Permintaan Tinggi, Kura-kura Marak Diperdagangkan
Pulau Kura-Kura Lombok Timur yang Menawan dan Mempesona
11 Jenis Kura-kura Darat Yang Bisa Dijadikan Peliharaan
Cara memelihara kura-kura brazil Yang baik Dan Benar
Ancaman Mematikan Goresan Cat Indah di Cangkang Kura-Kura
Tentang Kura kura
BALAS BUDI sang KURA-KURA
Apakah Kura-Kura Mempunyai Gigi?
Cerita Lucu Persahabatan Kura-kura
Aldabra, pulau karang yang dikuasai ratusan ribu kura-kura raksasa
Aldabra, pulau karang yang dikuasai ratusan ribu kura-kura raksasa
Mengenal Kura-kura
Kenapa Kura-Kura Raksasa Dapat Hidup Ratusan Tahun
Tahukah Karakter Pokemon Go yang mirip kura kura?
Monyet dan Kura-kura Belawa Terancam Punah
Bagaimana cara merawat kura kura brazil yang benar
Kura-kura AST
Biaya Pelihara Hewan Ini Termahal di Inggris
(VIDEO) Ikan Besar Melompat, Sambar Makanan untuk Kura-kura yang Lambat
Kura-kura Ini Memperdaya Buaya Lapar yang Meremas Tempurungnya
Cara Mengobati Kura-kura Flu
Senang Pelihara Kura-Kura? Klik Info Berikut
Wisata Alam Pantai Ngelambor
Pulau Galapagos Yang Unik Rumah Bagi Singa Laut
Kura-kura Belawa Terancam Punah
Jenis dan Harga Kura Kura Peliharaan Ini Menarik Untuk Dipelihara
Menu makanan sehat untuk kura-kura
Bikin Gemas, Anjing Ini Jalin Persahabatan dengan Kura-Kura
Makanan Sehat Membantu Pemulihan Kesehatan Kura-kura Berusia 183 Tahun
Kura Kura Berhidung Betet
Kura-Kura Darat atau Tortoise
Memperhatikan Makanan Kura-Kura Sulcata
Pengobatan Tradisional Paling Ekstrim
Didier Montalvo, Tak Lagi Bocah “Kura-Kura”
Sejarah dan Keunikan Kusu Island Singapore
Cara Merawat Kura-kura Sulcata / merawat Kura2 darat sulcata
Memelihara alligator snapping
Cara Merawat Kura-kura Hutan Emys dan Forsteni
Kreasi Kreatif Buah Menyerupai kura kura
Tips melatih kura kura
Cara Memelihara Kura-Kura Moncong Babi
Gadis Ini Tega Sekali Tunggangi Kura-Kura Laut Bertelur
Wah, Ada Gunung Kura-Kura!
Wow! Kura-Kura Pecahkan Rekor Dunia yang Sudah Bertahan 38 Tahun
Pulau Kura-kura, Hanya Muncul di Musim Semi
Kura-kura spesies terancam kembali ke Madagascar
Mengobati Kura-kura Mogok Makan
Perawatan Jitu Kura-Kura Moncong Babi
KURA KURA BELAWA, FAUNA KHAS CIREBON YANG TERANCAM PUNAH
Cara Memelihara Kura-kura
Pria Jepang Perlakukan Seekor Kura-kura Seperti Anaknya Sendiri
Suruh turis tunggangi kura-kura, penjaga kebun binatang ini dipecat
Ketahui Penyebab Terjadinya Pyramiding Pada Kura-Kura
Roda Pengganti Kaki Kura-Kura
Reuni kura-kura 109 tahun dengan pemiliknya
(VIDEO) Kura-kura yang Mengejar Anjing Populer di Media Sosial
Malangnya Hewan Ini, Terpaksa Berjalan Memakai Cangkang Palsu
Keren! Kura-kura Raksasa dari Baja dan Besi Bekas
Pulau Kura-Kura di China Hanya Muncul saat Musim Semi
Teknologi Suara Jurassic Park, Gunakan Suara Hewan Kawin
Wisata Edukasi godong ijo
The Mexican Painted Wood Turtle
Russian tortoise
Gunungkidul mengembangkan penyu pantai konservasi
Kura-Kura Paling Langka Di Dunia
Pantai Sukamade Banyuwangi, Wisata Kura-kura Raksasa
Cara Memelihara Kura-kura Di dalam Rumah
Binatang Berumur Panjang
Konservasi
Kepulauan Galápagos
Ini Tampilan Paspor Baru, Ada Gambar Ikan dan Kura-kura
China Tuntut Filipina Bebaskan 9 Nelayan Tanpa Syarat
PENYELAMATAN PENYU
Kura-kura Telan Mainan Kura-kuraan
Taman Tropis Dalam Stasiun Kereta Api Atocha Di Madrid, Spanyol
Water Dragon
Contoh Desain Tempat Pemeliharaan Kura Darat (TORTO)
Kura-kura matamata atau mata mata (matamata turtle; Chelus fimbriatus)
Apa perbedaan Kura-kura, Penyu, dan Bulus?
Malaysian Giant Turtle (Orlitia borneensis)
Turtle Bog (Glyptemys muhlenbergii)
Kura Berwarna ( Chrysemys Picta )
Perbedaan Turtle , Tortoise dan Terrapin
Painted Wood Turtles
Kura-kura Sulcata (African Spurred Tortoise)
Kura BOX Terrapene Carolina ( Linnaeus , 1758)
Black Knobbed Map Turtle (Graptemys Nigrinoda)
Kura-kura Diamondback Terrapin
Kura-kura Hermann (Testudo Hermanni)
Kura-kura Ambon
Kura-kura Darat Baning cokelat
Apa perbedaan Kura-kura, Penyu dan Bulus?
Saat Tepat Memberi Makan Kura-kura
Kura-kura Raksasa Aldabra
Kura-kura Berkepala Besar (Big-headed turtle)
Kura-kura Bajak Angonoka (Astrochelys yniphora)
Kura-kura Darat Sulawesi
Kura-kura Leopard (Leopard Tortoise)
Matamata, Kura-Kura Berwajah Aneh dari Amerika Selatan
Kura-kura Bergerigi
Kura-kura Hutan Sulawesi (Leucocephalon yuwonoi) nan Langka
Kura-kura Pipi Putih
Kura-kura Belawa
Kura-kura Dada Merah
Kura-kura Terkecil di Dunia
Membiakkan Kura-Kura Air
12 Spesies Kura-Kura Langka
Star Tortoise (Kura-Kura Bintang)
Cara Menangani Kura Kura Hamil
Kura-kura Leher Panjang
Kura-kura (Bagian 1 - Pengenalan Dasar Kura-Kura)
Full of Kura-kura
Products
Torto/Turtle Accessories
Food Medicine
Collection
Site Information
Home
About Us
Articles
Story
Video
News
Guest Book
Help
Contact Us
FAQ
Sitemap
My Account
Newsletter
Enter your email address to subscribe our mailing list:
We take your privacy very seriously
© 2011-2017 Kurakuraku. All rights reserved.   Terms and Conditions   •   Privacy Policy